Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP (berdasarkan Permendikbud 81A lampiran IV). Berbagai prinsip dalam mengembangkan atau menyusun RPP adalah sebagai berikut.
- RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus yang telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
- RPP dikembangkan guru dengan menyesuaikan apa yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi di satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
- Mendorong partisipasi aktif peserta didik
- Sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik sebagai manusia yang mandiri dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan belajar dan kebiasaan belajar.
- Mengembangkan budaya membaca dan menulis
- Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Memberikan umpan balik dan tindak lanjut.
- RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi. Pemberian pembelajaran remedi dilakukan setiap saat setelah suatu ulangan atau ujian dilakukan, hasilnya dianalisis, dan kelemahan setiap peserta didik dapat teridentifikasi. Pemberian pembelajaran diberikan sesuai dengan kelemahan peserta didik.
- Keterkaitan dan keterpaduan.
- RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas matapelajaran untuk sikap dan keterampilan, dan keragaman budaya.
- Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
- RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Hal yang penting dalam pembelajaran adalah materi yang disampaikan harus meliputi: data/fakta, konsep, prinsip, prosedur dan nilai sikap bagi peserta didik, maka seorang guru sangat perlu untuk menyusunnya dalam bentuk RPP dimaksud. Untuk lebih jelasnya sahabat-sahabat bisa mendownload Silabus dan Contoh RPP pada beberapa Mapel di SMA.
SILABUS DAN CONTOH RPP SMA
Silabus dan Contoh RPP SMA Kelas X, XI, XII Kurikulum 2013 :
- Silabus Prakarya [Download] & RPP Prakarya [Download]
- Silabus Penjasorkes [Download] & RPP Penjasorkes [Download]
- Silabus Seni Budaya [Download] & RPP Seni Budaya [Download]
- Silabus B. Inggris [Download] & RPP B. Inggris [Download]
- Silabus B. Indonesia [Download] & RPP B. Indonesia [Download]
- Silabus Kimia [Download] & RPP Kimia [Download]
- Silabus Biologi [Download] & RPP Biologi [Download]
- Silabus Fisika [Download] & RPP Fisika [Download]
- Silabus Ekonomi [Download] & RPP [Download]
- Silabus Sosiologi [Download] & RPP [Download]
- Silabus Sejarah [Download] & RPP [Download]
- Silabus Geografi [Download] & RPP [Download]
- Silabus Antropologi [Download] & RPP [Download]
- Silabus Bahasa dan Sastra Asing [Download] & RPP B. Jepang [Download]
- Silabus PKn [Download] & RPP PKn [Download]
- Silabus Pend. Agama dan Budi Pekerti [Download] & RPP PAI dan Budi Pekerti[Download]
- Silabus MTK [Download] & RPP MTK [Download]
Artikel ini ditulis oleh : Unknown ~ YPIA
Terimakasih sahabat telah membaca : Silabus dan Contoh RPP SMA Terbaru Kelas X, XI, XII Kurikulum 2013 Tulisan Saya. Anda bisa menyebarluaskan artikel ini, Asalkan meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya
0 komentar:
Posting Komentar